SEJARAH SINGKAT FEBI UMB

Fakutas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu (FE UMB) didirikan  berdasarkan SK Mendikbud Nomor : 0394/0/1991 tanggal 22 Juni 1991 bersama-sama dengan empat fakultas yang lain di lingkungan UMB yaitu : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian dan Fakultas Usuludin yang sekarang menjadi Fakultas Agama Islam. Saat dibuka pertama kali Fakutas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu memiliki dua prodi, yakni Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi.

Seiring dengan laju pembangunan di Indonesia dan perkembagan ilmu pengetahuan, pada tahun akademik 1993/1994   FE UMB menambah satu prodi yaitu Prodi Akuntansi D-III. . Namun demikian, saat ini  Prodi Akuntansi program D-III telah dinfasing. Pada tahun 2015 FE UMB kembali membuka satu prodi baru yaitu Ekonomi Islam, sehingga FE UMB  memiliki 3 prodi yaitu:

  1. Prgram Studi  Manajemen
  2. Program Studi Akuntansi
  3. Program Studi Ekonomi Islam

Melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknogi dan penyelarasan kurikulum dan kompetensi lulusan yang ingin dicapai, maka nama fakultas juga menyesuaikan dengan nama Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu dengan dikeluarkannnya  SK Rektor maka Fakutas Ekonomi berubah secara resmi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang disingkat dengan FEBI UMB. Sebagai Fakultas yang bernaung di bawah Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang memberikan pendidikan umum, melaksanakan kegiatan pendidikan berdasarkan ketentuan yang digariskan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas RI. Dalam pelaksanaan pendidikan FEBI UMB memperoleh bimbingan, pembinaan dan bantuan dari LL DIKTI Wilayah II. Di samping sebagai salah satu amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah, FEBI UMB melaksanakan kegiatan sesuai dengan cita-cita perjuangan persyarikatan Muhammadiyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *